Ada banyak jenis supermarket di Jepang, mulai dari supermarket yang sering ditemukan di stasiun seperti “Seijo Ishii”, supermarket yang ramah seperti “Life“, hingga supermarket “Tamade” yang hanya ada di Osaka.
Kali ini, kami akan memperkenalkan supermarket yang sudah sangat dikenal di Jepang maupun di banyak negara, yaitu “AEON”. Mari kita jelajahi lebih dalam tentang supermarket Jepang ini!
Pengenalan AEON

Grup induk dari supermarket AEON adalah AEON Group (イオン) yang berfokus pada ritel jaringan, pengembangan, dan layanan keuangan di Jepang.
Kantor pusatnya berada di Chiba. Sedangkan cabang-cabangnya berada di Jepang, China, Hong Kong, Indonesia, dan Malaysia.
Mereka memiliki berbagai fasilitas seperti pusat perbelanjaan, supermarket, dan toko serba ada, dengan total modal lebih dari 2.2 triliun yen.
Pendahulu AEON, “Okadaya”, pada tahun 1969 bergabung dengan Futagi dan Shiroso untuk membentuk “JUSCO Corporation”, dengan supermarket sebagai fokus utama.
Mereka dengan cepat memperluas bisnis dan pada tahun 1980-an berhasil menjadi peringkat keempat dalam industri ritel Jepang.
Selain itu, mereka juga mengembangkan minimarket “MINISTOP” dan cabang-cabang lainnya.
AEON kemudian melebarkan sayap ke luar negeri dan menjadi salah satu pemain utama dalam industri ritel Jepang.
Setelah perubahan pasar ritel dan masuknya perusahaan asing pada tahun 1980-an, JUSCO mulai mengakuisisi pesaingnya dan pada tahun 2001 mengganti nama perusahaan menjadi “AEON Co., Ltd.”.
Pada Februari 2024, AEON menyelesaikan penggabungan internalnya dan kini memiliki lebih dari 300 toko di seluruh dunia.
Salah satu perusahaan yang diakuisisi oleh AEON, “Hachibaihan”, kemudian berubah nama menjadi “Maxvalu Tokai Co., Ltd.”, yang sekarang dikenal dengan supermarket Maxvalu.
Baca Juga:
Tokyu Store: Supermarket “Kelas Selebriti” yang Harganya Masih Terjangkau
Strategi yang Digunakan

Bagi mereka yang sudah pernah berbelanja di AEON, pasti merasakan bahwa supermarket ini selalu berkembang.
Dengan pengalaman dalam mengubah ekosistem supermarket, AEON menyadari bahwa jika mereka tidak menciptakan sebuah jalan yang unik, mereka tidak akan bisa bertahan lama.
Oleh karena itu, setelah tahun 2010, selain menyatukan nama semua merek ritel di bawah nama “AEON”, mereka mulai merancang pusat perbelanjaan yang menggabungkan supermarket dengan tema “kehidupan”.
AEON mendirikan pusat perbelanjaan besar di stasiun kereta, area yang mudah dijangkau, atau dekat dengan pemukiman.
Mereka menciptakan konsep “AEON STYLE”, yang menggabungkan supermarket, ruang makan dengan tempat duduk, fashion, barang-barang rumah tangga, elektronik, bahkan bioskop, sehingga orang datang ke supermarket ini bukan hanya untuk berbelanja tetapi juga untuk menikmati kehidupan.
Dengan demikian, AEON berhasil menjaga kestabilan jumlah pengunjung dan menciptakan daya tarik, menjadikan supermarket bukan sekadar tempat belanja, tetapi destinasi yang menarik.
Barang yang Wajib Dibeli

AEON sangat mudah dikenali dengan papan nama besar berwarna pink yang dapat terlihat dari jauh.
Di dalam toko yang luas, mereka menyediakan berbagai macam barang, mulai dari produk segar, makanan olahan, bumbu masakan, dan berbagai pilihan lainnya.
AEON juga memiliki merek sendiri, “TOPVALU”, yang menawarkan produk-produk makanan, pakaian, elektronik, dan barang musiman dengan prinsip kualitas yang aman dan terjamin yang sangat digemari konsumen.
Beberapa AEON memiliki area makanan siap saji yang bisa dipilih sendiri. Pengunjung dapat memilih wadah dan mengambil salad atau makanan olahan yang diinginkan, kemudian menimbangnya.
Di AEON juga seringkali terdapat area makan atau area kopi yang memungkinkan pengunjung untuk menikmati makanan setelah berbelanja.
Bagi penduduk lokal, berbelanja di AEON bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan santai, sedangkan bagi wisatawan, ini adalah pengalaman baru yang menyegarkan!
“AEON” adalah grup besar yang tidak hanya memiliki AEON supermarket, AEON bank, dan merek Talbots, tetapi juga memiliki saham di berbagai perusahaan lain seperti TSURUHA Drug dan Welcia drugstores.
Bisnisnya sangat beragam dan bisa dibilang merupakan gambaran dari industri ritel Jepang.
Jadi, saat berkunjung ke AEON supermarket berikutnya, coba perhatikan lebih banyak tentang perusahaan ini yang “bermula dari supermarket, namun kini bukan hanya supermarket”.